Peluang Pekerjaan Lainnya Bagi Sarjana Teknik Kimia di Indonesia

by on 10/09/11 at 7:01 pm | 22 Comments | |

Setelah seorang mahasiswa Teknik Kimia mendapat gelarnya, yaitu S. T, apa sih pekerjaan terfavorit mereka di dunia kerja? Tentunya bagi kalian yang masih mahasiswa Teknik Kimia, kalian akan melakukan rencana jangka panjang akan bekerja dimana, di bidang apa, di perusahaan apa, dan sebagai apa. Bagi kalian yang telah lulus atau baru lulus dari pendidikan Teknik Kimia, kalian juga tentunya pasti lebih memikirkan bidang pekerjaan yang akan kalian tekuni di dunia kerja nanti. Banyak pilihan yang terbuka untuk kita terjuni saat memasuki dunia kerja, namun apa sih yang terfavorit? Apa sih bidang pekerjaan dan perusahaan yang merupakan favorit lulusan Teknik Kimia saat ini? Anda dapat membaca paparkan trend pekerjaan terfavorit sebagai seorang sarjana Teknik Kimia di Indonesia dalam artikel Majari yang lalu, yaitu di: http://majarimagazine.com/2011/06/6-pekerjaan-terfavorit-seorang-sarjana-teknik-kimia/

Kemudian, muncul pertanyaan, jikalau saya tidak memiliki passion bekerja di Oil & Gas, FMCG, EPCC, Petrokimia, Chemical Industry, dan Consultant, lalu bagaimana peluang kerja di tempat lain? Berikut pemaparan dari informasi yang saya ketahui mengenai peluang pekerjaan lainnya bagi sarjana Teknik Kimia di Indonesia untuk memberikan informasi lebih mendetail bagi kesempatan kerja lulusan Teknik Kimia Indonesia.

1. Industri Renewable Energy

Industri renewable energy merupakan industri masa depan menurut saya, karena memiliki segudang potensi untuk menjadi alternatif energi pengganti oil and gas. Kebutuhan energi akan terus berkembang, seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan konsumsi energi di dunia. Oleh karena itu, lahirnya industri ini harus didukung agar dapat mengatasi berbagai krisis energi yang melanda di belahan dunia, salah satunya Indonesia. Industri baru ini perlu didukung oleh segenap generasi muda sebagai pekerja-pekerjanya agar dapat membangun industri renewable energy ini. Industri ini mulai berkembang di Indonesia, misalnya Wilmar dan PT Ganesha Energy 77.

2. Industri Agrobisnis

Industri agrobisnis mempunyai peluang besar di Indonesia karena memang Indonesia memiliki potensi besar dalam dunia bisnis agrobisnis. Perusahaan yang bergerak di bidang ini misalnya adalah Triputra Group dan Wilmar.

3. Staff Ahli Kementerian

Sesuai pengalaman saya, saya sering mendengar beberapa senior saya bekerja menjadi Staff Ahli Kementerian RI, terutama menjadi Staff Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Staff Ahli Kementrian ESDM. Bagi yang suka bekerja sebagai pegawai pemerintahan, mungkin pekerjaan ini dapat sesuai dengan passion Anda.

4. Industri / Unit Pengolahan Limbah

Industri pengolahan limbah dapat dimasuki oleh lulusan Teknik Kimia Indonesia karena memang lulusan Teknik Kimia punya basic relatif kuat dalam pengolahan limbah (waste treatment). Lulusan Teknik Kimia seringkali dikatakan dapat merebut kesempatan kerja lulusan Teknik Lingkungan. Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di perusahaan PPLI, atau di-support system berbagai perusahaan besar, misalnya di unit pengolahan limbah di Oil and Gas Industry.

5. Banking

Dunia perbankan juga dapat diselami oleh lulusan Teknik Kimia, misalnya bekerja sebagai analis di bank untuk membantu feasibilty study/analysis ketika bank hendak memberikan pinjaman ke suatu badan usaha/organisasi yang hendak meminjam dana. Lulusan Teknik Kimia akan memiliki kelebihan analisis dalam feasibility study untuk proyek pembangunan industri-industri, mulai dari industri kecil sampai industri besar. Hal tersebut karena lulusan Teknik Kimia dibekali dengan pengalaman analisis studi kelayakan perancangan pabrik kimia.

6. Peneliti

Peneliti merupakan salah satu peluang pekerjaan lulusan Teknik Kimia. Bagi yang menyukai bidang penelitian di Laboratorium, kalian dapat bergabung ke lembaga penelitian, misalnya BPPT, LIPI, asisten dosen / proffesor dalam membantu penelitiannya. Bagi kalian yang memiliki passion mengembangkan inovasi ilmu pengetahuan & teknologi dan senang menemukan hal-hal baru, pekerjaan ini sangat sesuai dengan pribadi Anda.

7. Dosen / Professor / Guru Besar Universitas

Tentunya pekerjaan menjadi dosen, proffesor, atau bahkan Guru Besar di berbagai Universitas Teknik Kimia Indonesia menjadi peluang tersendiri bagi Sarjana Teknik Kimia. Namun, memang untuk menjadi dosen, di beberapa universitas besar mengharuskan calon dosen tersebut memiliki pendidikan Teknik Kimia sampai S2 atau bahkan S3. Oleh karena itu, sang Sarjana Teknik Kimia haruslah mengambil studi lanjut ke S2 atau S3 sebelum memutuskan ingin menjadi dosen. Jikalau kalian memiliki passion mengembangkan ilmu pengetahuan & teknologi dan senang mengajar & mendidik calon-calon generasi Indonesia masa mendatang, pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang menarik dan sangat mulia. Indonesia sangat membutuhkan tenaga-tenaga pengajar ahli yang pakar di berbagai bidang Teknik Kimia yang begitu luas demi membangun ekonomi bangsa ini di masa depan. Tentunya pendidikan akan menjadi fondasi yang sangat kuat bagi bangsa ini untuk berkembang dalam iptek-nya.

Demikianlah pembahasan 7 peluang pekerjaan lainnya bagi lulusan Teknik Kimia di Indonesia, untuk melengkapi informasi di artikel Majari sebelumnya (6 Pekerjaan Terfavorit Seorang Sarjana Teknik Kimia di Indonesia).

Semoga pemaparan ini berguna bagi pilihan dunia kerja kalian sebagai sarjana Teknik Kimia di Indonesia. Silahkan berikan saran & kritik bagi pemaparan ini, serta sharingnya dari kalian sang pembaca.

(IHR)

Sumber Gambar:

http://lpmp-gorontalo.blogspot.com/2011/07/apa-yang-salah-dengan-pendidikan-tinggi.html

  • Pangat

    Kak mau tanya saya diterima tek kim. UNDIP tp bingung mau diambil atau tidak sebab untuk mencari kerjany bersaing dengan mahasiswa ITS,ITB,UI,UGM yang lebih bagus kwalitasnya,.mohon saranny kak??

  • edi

    sebentar lagi saya selesai S1 tekim dan ingin mengambil S2 yang lebih spesifik,saya pilih teknologi gas atau management gas,mana yang lebih kopetitif mencari lapangan kerja atau ilmu lain ? mohon penjelasannya,trima kasih

  • ajeng

    kak ivan saya mahasiswa teknik kimia semester 3. nah semester 3 ini ada matkul neraca massa dan dosennya buat tugas buat bikin perhitungan neraca massa pembuatan amoniak gasifikasi batubara dalam pembuatan amoniak, saya mohon bantuan dan bimbingan untuk mengerjakan tugas ini karna yang saya dengar tugas ini seharusnya diberikan untuk mahasiswa semester akhir, tapi dosen saya bilang tugas seperti ini untuk membiasakan kita pada nantinya. terimakasih kak ivan dan mohon sekali untuk bantuannya.

  • Alfa Widyawan

    artikel yang bagus…
    semoga makin sukses ya

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Terimakasih ya Pak Alfa :)

  • http://tentangteknikkimia.wordpress.com/ Ginanjar

    kak ivan, sy mhsw tekim smstr 7 dan ga lama lg mau tdk mau harus ikut berkompetisi dalm persaingan kerja.
    apa saja yang harus saya siapkan dari sekarang agar karir dimasa depan bs lancar.
    dan bagaimana agar jenjang karir bs meningkat dgn cepat. kasih dong tips nya.
    trima kasih

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Hai Saudara Ginanjar,

      Menurut saya, Anda harus mempersiapkan prioritas pemilihan bidang kerja yang Saudara akan kejar, misal ingin masuk ke dunia FMCG, atau dunia EPC, dst.. Lalu setelah Saudara menentukan arah pilihan Saudara mau kemana, mulailah membaca-baca bidang pekerjaan tersebut apakah bidang pekerjaan tersebut akan sesuai dengan passion masa depan Saudara, apakah sesuai dengan kemampuan / requirement Saudara, apakah nantinya Saudara akan nyaman bekerja di bidang tersebut, lalu plus minusnya Saudara mengambil pilihan tersebut. Hal tersebut agar Saudara tidak salah langkah memilih bidang pekerjaan yang diinginkan / di-apply. Anda harus bekerja dengan sebaik mungkin dan selalu konsisten menunjukkan performance terbaik, serta menunjukkan attitude yang baik dan ramah. Tentunya jenjang karir Saudara akan meningkat dengan cepat.

  • Octa

    Hy ka ivan, sy msh kls 12 sma dan sy sangat menyukai kimia,Apakah utk masuk jurusan tek.kimia hrs memiliki modal/dana yg besar ketika berkuliah nti? Sy tinggal di depok ingin masuk ui akan tetapi saya kurang yakin utk mslh keuangan yg ada dan utk itb sendiri itu tempatnya jauh.bgmn mnurut kk?

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Hai Saudara Octa, terima kasih atas pertanyaan Saudara. Pertama, saudara harus ingat bahwa Teknik Kimia itu mayoritasnya terdiri dari Fisika, Kimia, dan Matematika. Jadi bukan saja tentang Kimia. Jika Saudara sekolah di universitas negeri dan berprestasi di SMA Saudara, saya yakin biaya kuliahnya akan tidak terlalu mahal karena bisa mendapat beasiswa dan pemotongan lainnya. Saya rasa pilihan mengambil kuliah di universitas UI atau ITB sudah sangat baik karena memang Teknik Kimia UI dan ITB sangat baik kualitasnya. Terima kasih.

  • Stefan

    Hanya sharing saja untuk rekan-rekan dari pengalaman saya di luar.
    Menurut saya, ada satu lagi peluang yang sangat besar yang terlewatkan: Water Treatment. Bukan hanya wastewater treatment yah, tapi water treatment plant atau WTP. Di Indonesia memang WTP layak dibilang secondary line, karena additional untuk Boilers (ketel uap) di power plants dan industry lainnya (ie. Agro seperti sawit.) But think big! Di Australia, sarjana teknik yang mahir di air, sangat dipakai. Di beberapa negara, air sudah seperti emas.
    Indonesia bisa dibilang royal air. Curah hujan kita tinggi. Di negara2 lain seperti Australia sangatlah berbeda. Kalau job search key words “chemical engineering water” ratusan yang keluar. Mungkin rekan-rekan ada yang beruntung, bisa mendapatkan pekerjaan di sana.

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Terima kasih atas sharingnya ya Saudara Stefan.

  • Fitri

    ka ,kalo yg pengin di kantor cuma di perbankan ,atau ada lagi ?

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Hai Fitri,

      Jikalau kamu ingin bekerja hanya di kantor, kamu bisa join perusahaan EPC sebagai process / safety engineer, atau mungkin perusahaan FMCG atau sebagai konsultan.

  • dodik

    kak klu lulusan teknik kimia peluang berwirausaha bagaimana? thx taz jawabannya

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Hai Saudara Dodik,

      Tentu saja bisa punya peluang wirausaha yang tinggi. Misal membuat industri biogas, dst..

  • icul

    ehhh sudah ada toh di nomor 5
    hahahaaaaa……
    terlanjur dikomen
    tapi anak kimia dibank ngapain ya????
    hanya karena ada mata kuliah study kelayakankah jadi berpeluang besar….?
    dan yang paling aneh, lulusan S2 teknik kimia ternyata kesulitan untuk mencari kerja. berarti tinggat pendidikan yang dibutuhkan di indo cuma setara S1. temen temenku banyak yang kesulitan setelah lulus S2 walaupun dari luar negeri
    what the hell with uour country
    jadi jangan salahkan jika scientist2 indo pada kabur keluar negeri (contoh real pak Habibie)

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Hai Saudara Icul,

      Saya rasa itu tergantung masing-masing orang, apakah dia suka kerja di lapangan atau di kantor.
      S2 Teknik Kimia setau saya memang lebih dipersiapkan untuk menjadi peneliti dan dosen pengajar.

  • icul

    8. kerja di bank
    kebanyakan engineer sekarang gak mau kerja lapangan. maunya dikantor dengan AC dan ada waktu untuk update status sambil nge-Tweet
    hehehehehe
    ini terbukti. bukanhanya isapan jempol belaka

  • http://viavirginiaanvika.wordpress.com Via Virginia

    hmm jadi bngga dan smngaat studi di Teknik Kimia,
    mhn izin utk d share k yg lain,
    mksiih..

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Hai Via,

      Terima kasih. Silahkan sharingkan ke teman-teman lainnya.

  • Asashi

    wahhh, keren banget artikelnya kak.

    • http://ivanhadinata.blogspot.com Ivan Hadinata Rimbualam

      Terima kasih banyak Asashi, semoga bisa berguna dan dishare-kan ke teman-teman yang lainnya.

pestilence439
lovelock506 voltigeur296 fiance206 pecunious261 hyperphysical624 printer549 earnestness679