Pembuatan Keramik Industri

by on 13/03/09 at 9:06 am | 16 Comments | |

majarimagazine-pembuatan-keramik-industriKeramik industri dibuat dari bubuk yang telah diberi tekanan sedemikian rupa kemudian dipanaskan pada temperatur tinggi. Keramik tradisional seperti porcelain, ubin (keramik lantai) dan tembikar dibuat dari bubuk yang terdiri dari berbagai material seperti tanah liat (lempung), talc, silika dan faldspar. Akan tetapi, sebagian besar keramik industri dibentuk dari bubuk kimia khusus seperti silikon karbida, alumina dan barium titanate.

Material yang digunakan untuk membuat keramik ini biasanya digali dari perut bumi dan dihancurkan hingga menjadi bubuk. Produsen seringkali memurnikan bubuk ini dengan mencampurkannya dengan suatu larutan hingga terbantuk endapan pengotor. Kemudian endapan tadi disaring dan bubuk material keramik dipanaskan untuk menghilangkan impuritis dan air. Hasilnya, bubuk dengan tingkat kemurnian tinggi dan berukuran sekitar 1 mikrometer (0.0001 centimeter).

A. Pembentukan

Setelah pemurnian, sedikit wax (lilin) biasanya ditambahkan untuk meekatkan bubuk keramik dan menjadikannya mudah dibentuk. Plastik juga dapat ditambahkan untuk mendapatkan kelenturan dan kekerasan tertentu. Bubuk tersebut dapat menjadi bentuk yang berbeda-beda dengan beragam proses pembentukan (molding). Proses pembentukan ini diantaranya adalah slip casting, pressure casting, injection molding, dan extruction. Setelah dibentuk, keramik kemudian dipanaskan dengan proses yang dikenal dengan nama densifikasi (densification) agar material yang terbantuk lebih kuat dan padat.

  1. Slip Casting. Slip Casting adalah proses untuk membuat keramik yang berlubang. Proses ini menggunakan cetakan dengan dinding yang berlubang-lunagng kecil dan memanfaatkan daya kapilaritas air.
  2. Pressure Casting. Pada proses ini, bubuk keramik dituangkan pada cetakan dan diberi tekanan. Tekanan tersebut membuat bubuk keramik menjadi lapisan solid keramik yang berbentuk seperti cetakan.
  3. Injection Molding. Proses ini digunakan untuk membuat objek yang kecil dan rumit. Metode ini menggunaan piston untuk menekan bubuk keramik melalui pipa panas masuk ke cetakan. Pada cetakan tersebut, bubuk keramik didinginkan dan mengeras sesuai dengan bentuk cetakan. Ketika objek tersebut telah mengeras, cetakan dibuka dan bagian keramik dipisahkan.
  4. Extrusion. Extrusion adalah proses kontinu yang manama bubuk keramik dipanaskan didalam sebuah tong yang panjang. Terdapat baling-baling yang memutar dan mendorong material panas tersebut kedalam cetakan. Karena prosesnya yang kontinu, setelah terbentuk dan didinginkan, keramik dipotong pada panjang tertentu. Proses ini digunakan untuk membuat pipa keramik, ubin dan bata modern.

B. Densifikasi

Proses densifikasi menggunakan panas yang tinggi untuk menjadikan sebuah keramik menjadi produk yang keras dan padat. Setelah dibentuk, keramik dipanaskan pada tungku (furnace) dengan temperatur antara 1000 sampai 1700 C. Pada proses pemanasan, partikel-partikel bubuk menyatu dan memadat. Proses pemadatan ini menyebabkan objek keramik menyusut hingga 20 persen dari ukuran aslinya. Tujuan dari proses pemanasan ini adalah untuk memaksimalkan kekerasan keramik dengan mendapatkan struktur internal yang tersusun rapih dan sangat padat.

Kegunaan Keramik Industri

Keramik dinilai dari propertinya. Kegunaan keramik beragam disesuaikan dengan kemampuan dan daya tahannya. Keramik dengan properti elektrik dan magnetik dapat digunakan sebagai insulator, semikoncuktor, konduktor dan magnet. Keramik dengan properti yang berbeda dapat digunakan pada aerospace, biomedis, konstruksi bangunan, dan industri nuklir.
Beberapa contoh penggunaan keramik industri:

  • Peralatan yang dibuat dari alumina dan silikon nitrida dapat digunakan sebagai pemotong, pembentuk dan penghancur logam.
  • Keramik tipe zirconias, silikon nitrida maupun karbida dapat digunakan untuk saluran pada rotorturbocharger diesel temperatur tinggi dan Gas-Turbine Engine.
  • Keramik sebagai insulator adalah aluminum oksida (AlO3). Keramik sebagai semikonduktor adalah barium titanate (BaTiO3) dan strontium titanate (SrTiO3). Sebagai superkonduktor adalah senyawa berbasis tembaga oksida.
  • Keramik dengan campuran semen dan logam digunakan untuk pelapis pelindung panas pada pesawat ulang-alik dan satelit.
  • Keramik Biomedical jenis porous alumina digunakan sebagai implants pada tubuh manusia. Porous alumina dapat berikatan dengan tulang dan jaringan tubuh.
  • Butiran uranium termasuk keramik yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Butiran ini dibentuk dari gas uranium hexafluorida (UF6).
  • Keramik berbasis feldspar dan tanah liat digunakan pada industri bahan bangunan.
  • Keramik juga digunakan sebagai coating (pelapis) untuk mencagah korosi. Keramik yang digunakan adalah jenis enamel. Peralatan rumah tangga yang menggunakan pelapisan enamel ini diantaranya adalah kulkas, kompor gas, mesin cuci, mesin pengering.

Sumber :
Ceramics. Microsoft® Student 2009. Redmond, WA: Microsoft Corporation, 2008.
http://www.ceramicindustry.com

  • VINA

    terlalu sedikit,kurang banyak

  • http://www.kaolinraya.com sandi

    slam kenal .kami dari pertambangan kaolin dan felspards,untuk lokasi pertambangan di daerah gunung kidul,yogyakarta, prodok kami sdh berbentuk powder,kadar air 5%.hasil lab sucofindo terlampir.kami siap mensuplai.harga kami /kg 300, berminat hub 08175750078′trims

  • tommy

    saya cuma mau tanya tentang Purworejo- Gombong, bentuk keramik di sana seperti apa saja yang ada… buat perbandingan antara pengrajin2 lain di wilayah barat Indonesia atau sebagian kecil waktu tengah perbedaan jam di Indonesia serta- merta tidak lupa sebagian wilayah Malaysia dan Singapura untuk bangunan yang ada selama proses pembuatan bahan ini sehingga menjadi barang jadi siap pakai karena proses pertanyaan ini sendiri di mulai dari sebuah keinginan hati atau bisa dikatakan andaikata di suatu hari nanti datang nya seseorang bernama Riska asal 32 ilir, Palembang untuk belajar satu sama lain di sini mengenai hak dan keinginan nya bagi khalayak ramai, bisakah ada waktu untuk kemudian hari memberi kabar baik tentang hasil nyata ini semua.

  • ferdi

    fotonya kalo sudah jadi sangat jelas gak ada blur sama sekali digaris foto / gambarnya dan kalo di gores dengan silet dia tidak bisa tergores

  • ferdi

    dimana saya bisa buat foto keramik untuk makam, tapi model cembung ukurannya 8cm x 10,5 cm tebal 1,8 cm, terus garis tepi sekitar 1cm ada diberu garis warna emas

  • http://www.facebook.com/anjaniyaniii Ratika Anjani

    ini sama aja kayak teknik pembuatan kramik kan ?

  • http://333221@ kukuk subiyantoro

    keramik lantai rumah saya apakah bisa di lapisi lagi dengan enamel supaya tebal pelapisnya,dan bagaimana cara proses pelapisannya trima kasih.

  • Agus Sukoco

    Ingin mendalami dan membangun usaha mengenai keramik ubin/lantai. Mohon info mesin yang digunakan + Cara kerja.

  • pipin

    saya ingin tau apa nama mesin yang digunakan dalam pembuatan keramik?

  • http://eeq eeq

    anjing lo keramik asu tidak bermemek da bernenen……….

  • http://www.yahoo.com ilhm

    saya ingin tahu tahap2 cara membuat keramik

  • andri

    salam,
    saya butuh informasi dimana bisa saya dapatkan keramik barium titanate…?
    terimakasih

  • febri f

    Hallo…

    Saya butuh informasi tentang dimana saya bisa memesan tube keramik yang mana penggunaannya untuk mendidihkan berlian dengan suhu hingga kisaran 3000c….

    Dalam bahasa inggris d sebut Diamond Boiling system,tetapi untuk saat ini info yg saya dapat mengenai diamond boilling system hanya terdapat d jerman dan harus 1(satu) set berikut alat2 yg lainnya…sedangkan yg saya butuuhkan hanya glass (tube) ceramics-nya saja…mohon bantuannya …

    terima kasih…

  • papareihan

    boleh tahu jenis cat keramik ngak……..?

  • mie

    i need more information….

  • mie

    i need more information…

pestilence439
lovelock506 voltigeur296 fiance206 pecunious261 hyperphysical624 printer549 earnestness679