Working in the Oil and Gas Industry

by on 11/10/07 at 12:00 pm | 155 Comments | |

Waktu saya magang di IKPT kemarin, ada temen yang ngasih informasi tentang perkiraan gaji kalo mau kerja di perusahaan oil and gas.. lumayan juga buat referensi.. informasi ini katanya didapat dari mailing list oil and gas di Indonesia juga.. Infomasi tersebut sudah terangkum dalam sebuah file yang bisa didownload di sini. Copyright dan disclaimer penggunaannya terdapat di halaman akhir file tersebut. Terima kasih kepada Nofie Iman sebagai penulis. Berikut ini adalah sedikit isi paragraf-paragraf pendahuluan yang terdapat pada file PDF tersebut.. Gaji masing-masing perusahaan tersedia dalam bentuk tabel bahkan lengkap dengan golongan-golongan gajinya..

Chevron

Chevron adalah salah satu perusahaan energi terbesar di dunia. Pusatnya ada di San Ramon, California. Selain migas, Chevron juga bermain di eksplorasi, produksi, refinery, pemasaran dan transportasi, pembangkit energi, sampai chemical product.

Perusahaan ini berdiri tahun 1879 di Pico Canyon, California. Pada 2001, Chevron merger dengan Texaco dan membentuk ChevronTexaco. Namun pada 9 Mei 2005, ChevronTexaco melepas moniker Texaco dan kembali ke nama Chevron. Texaco tetap menjadi merek di bawah Chevron. Pada 19 Agustus 2005, Chevron bergabung dengan Unocal Corporation, sebuah gerakan yang membuat Chevron produsen terbesar energi geotermal di dunia.

Chevron terbilang cukup loyal terhadap karyawannya. Tabel di atas adalah berdasar PKB tahun 2006. Konon komponen tersebut sudah mencakup basic salary plus 21% regional allowance. Fresh graduate umumnya masuk di tingkat 18A.

China National Offshore Oil Corporation (CNOOC)

CNOOC cdalah perusahaan minyak dan gas bumi (migas) terbesar ketiga di Republik Rakyat China setelah CNPC (China National Petroleum Corporation) dan Sinopec. Perusahaan ini punya hak eksklusif untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi minyak mentah dan gas alam di lepas pantai China. CNOOC juga merupakan sebuah perusahaan milik negara yang mana 70% sahamnya dimikili oleh pemerintah Republik Rakyat China. Mereka juga terdaftar di NYSE dengan kode ticker CEO.

CNOOC hadir di Indonesia dengan nama CNOOC Southeast Sumatra Ltd sebagai salah satu perusahaan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) yang ditunjuk BPMIGAS untuk melakukan proses pengeboran minyak dan gas bumi di lepas pantai Laut Jawa, sekitar 90 km sebelah utara Teluk Jakarta, Indonesia.

Berdasar Peraturan Perusahaan 2006, gaji yang ditawarkan terlihat pada tabel di atas. Fresh graduate masuk ke CNOOC pada level 19.

ConocoPhillips

ConocoPhillips berpusat di Houston, Texas. Merupakan salah satu oil company besar yang memiliki lini bisnis terintegrasi — konon terbesar ketiga setelah Exxon dan Shell. ConocoPhillips lahir 30 Agustus 2002 sebagai produk merger antara Conoco Inc. dan Phillips Petroleum Company.

ConocoPhillips dikenal sebagai perusahaan dengan technological expertise untuk eksplorasi dan produksi di laut dalam, reservoir management and exploitation, 3-D seismic technology, high-grade petroleum coke upgrading, dan teknologi sulfur removal yang begitu sophisticated.

Menurut Peraturan Perusahaan 2006, gaji untuk karyawan terlihat seperti pada tabel di atas. Gaji mereka cukup bersaing dengan struktur gaji Chevron. Fresh graduate biasanya masuk di level 12.

ENI

ENI berpusat di Italia dan bermain di sektor minyak dan gas alam. Juga punya usaha di engineering and construction, electricity generation, dan petrochemical. Sejujurnya, saya kurang tahu pasti tentang bisnis dan pencapaian mereka. Sepanjang yang saya tahu, mereka ENI di Eropa Selatan dan juga punya (sedikit) kepentingan dan investasi di Indonesia.

Dari sounding orang dalam, struktur gaji di ENI untuk tahun 2004-2006 adalah seperti terlihat pada tabel di atas. Fresh graduate biasanya masuk pada tingkat ke 8.

Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company (KUFPEC)

KUPFEC ialah perusahaan minyak bentukan Kuwait Petroleum Corporation yang beroperasi di beberapa negara di luar Kuwait, seperti Mauritania dan Mesir. Di Indonesia, mereka punya project di Buton dan telah memiliki interest di Blok Seram Non-Bula sejak 1985.

Struktur gaji KUFPEC terlihat seperti tabel berikut. Fresh graduate masuk di level 9. Struktur gaji tersebut adalah yang berlaku untuk tahun 2004-2006.

Pertamina

Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) adalah satu-satunya BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada sekitar tahun 2000-an. Pertamina mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.

Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968. Direktur utamanya saat ini adalah Ariffi Nawawi. Saya kurang mengetahui perkembangan Pertamina sejak sepeninggal Ari Soemarno. Namun yang jelas, Pertamina menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia: sektor hulu dan hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan yang jumlahnya begitu banyak.

Pertamina adalah salah satu yang cukup loyal dalam memberi gaji dibandingkan perusahaan-perusahaan “made in Indonesia” lainnya. Gambaran gaji karyawan Pertamina dapat dilihat pada tabel berikut. Fresh graduate ada di level 8. Konon, benefit, fasilitas, termasuk “sambilan” di Pertamina bisa lebih besar dari basic salary-nya. Ada yang bisa memberi konfirmasi?

Star Energy

Star Energy adalah perusahaan energi yang juga terintegrasi dengan unit bisnis minyak, gas, dan listrik. Berpusat di Inggris, perusahaan ini sebenarnya lebih dikenal sebagai perusahaan energi daripada perusahaan migas.

Di Indonesia, Star Energy dibuka tahun 2003 oleh Supramu Santosa dengan kerjasama menggandeng Nusantara Capital.

Susunan basic salary Star Energy terlihat pada tabel berikut. Data bersumber pada buku peraturan perusahaan tahun 2006. Fresh graduate biasanya masuk pada entry level ke 8.

Tately N.V.

Tately N.V. adalah perusahaan eksplorasi dan rekayasa perminyakan asal Malaysia. Mereka berkongsi dengan PEXCO Group di Indonesia untuk menggarap PSC di Palmerah (Jambi) dan Lhokseumawe (Nanggroe Aceh Darussalam).

Basic salary Tately terlihat pada tabel berikut. Data bersumber pada peraturan perusahaan tahun 2006. Gaji tersebut adalah basic salary yang berlaku pada tahun 2006. Fresh graduate masuk di level 7.

Dibandingkan Petronas, nama Tately memang kurang bergema. Namun, mereka (katanya) menawarkan gaji dan benefits package yang tak kalah kompetitif. Kantor pusat mereka di Indonesia ada di Plaza Bapindo, Menara Mandiri.

Total S.A.

Total S.A. adalah perusahaan perminyakan asal Perancis yang berpusat di Paris. Mereka juga bermain di gas, crude oil, eksplorasi gas alam, transportation, refining, power generation, sampai product trading and marketing. Perusahaan ini juga terdaftar di NYSE dengan kode ticker TOT. Mereka juga dikenal bermain sebagai chemical manufacturer dan salah satu dari enam besar oil company di dunia.

Total beroperasi di lebih dari 130 negara dengan 111 ribu karyawan lebih. Di Indonesia, gaji yang mereka tawarkan terlihat pada tabel berikut. Data bersumber pada buku peraturan perusahaan tahun 2006. Fresh graduate masuk di level 10.

Menurut sejarahnya, Total hampir saja “diambil” oleh Royal Dutch Shell — andaikata waktu itu PM Perancis, Raymond Poincaré tidak ngotot agar Perancis membangun perusahaan minyak sendiri sesudah Perang Dunia I. Total akhirnya berdiri 28 Maret 1924 dengan nama Compagnie Française des Pétroles (CFP) mencaplok 23.75% kepemilikan saham Turkish Petroleum Company sebagai kompensasi yang diberikan Jerman melalui Konferensi Sanremo.

Tahun 1985 mereka mengganti nama menjadi Total CFP. Tahun 1991 mereka menghilangkan nama CFP. Pernah dikenal sebagai Total Fina setelah mengakuisisi Belgian Petrofina (1999) dan pernah juga dikenal dengan nama TotalFinaElf pasca merger tahun 2000. Kini mereka kembali menamai dirinya Total sejak 2003.

Disclaimer:

  • Penulis tidak terafiliasi dengan perusahaan migas apapun.
  • Informasi diperoleh dari peraturan perusahaan, riset dan analisis, sounding dari orang dalam, dan sumber-sumber informasi lainnya.
  • Pada saat informasi ini ditulis, barangkali sudah terjadi perubahan struktur gaji dari perusahaan-perusahaan tersebut di atas.
  • Informasi ini hanya digunakan untuk kepentingan edukasi semata. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan data-data di atas.
  • Penulis sedang mencoba untuk korek informasi di Exxon, Shell, dan BP. Sayangnya sampai saat ini belum bisa mendapat informasi. Ada yang bisa menambahkan?

Semoga bermanfaat.

Artikel diatas disadur dari NofieIman.com
http://nofieiman.com/2007/02/gaji-di-perusahaan-minyak-dan-gas/

Demikian sedikit informasi yang saya bisa bagikan sebagai “salah satu” hasil magang saya kemarin.. Hehehe.. Ditunggu informasi-informasi lainnya dari temen-temen semua… Selamat menikmati! Dan ingat.. penulisnya ialah Mas Nofie Iman.. bukan saya.. :D

  • Ramano

    share pengalaman ajah..

    bagi yang berminat untuk bekerja di O&G Company, sebaiknya memang disesuiakan dengan basic pendidikan, karena nantinya akan berbeda pada penempatan kerjanya yang secara garis besar adalah pada saat project atau operasi ataupun sebagai support

    bagi lulusan Teknik, terutama Tekni Industri, Teknik Kimia, Teknik Pertambangan, Geologi, dan jurusan Teknik lainnya bisanya akan menduduki bagian tersebut
    sedangkan yang non teknik seperti Eknomi, Akuntansi, Manajemen, Psikologi, dan sejenisnya akan menduduki bagian support,

    nah bila ingin membicarakan pendapatan ataupun salary memang biasanya lebih besar pada karyawan teknis, sedangkan karyawan yang non-teknis tidak perlu berkecil hati, karena walupun tidak sebesar karyawn teknis namun lebih besar dari karyawan pada jenis bisnis yang non O&G

  • benny

    mau nanya kalo lulusan teknik mesin kerja di bagian mana aja kalau di oil and gas company?

    thx

  • aku

    Kepada Ina

    comment nya kepanjangan kayak cerita aja

  • INA

    Aku hny seorg ibu rmh tgga biasa,beberapa minggu lalu sempat berkunjung ke rmh teman yg bekerja di COPHIL (CONOCO PHILLIPS) kebetulan sdh ckp senior disitu,sy silaturohim k rmhnya hny utk sekedar sharing,cz anak sy yg besar bru usia 21thn jrsan TE S1 wisuda Mart thn 2011 jd msh Freshgrad (kuliah 3,5 thn dgn IPK 3,44…Alhmdlh y Robb ! ) ditrm krj di persh O&G di Timur tengah skrg sdh hampir 2 mggu disana (pesawat PP dll dr perushn,salary pake Real, krg lbh 1 Real = Rp 25.000,-). Bagi aku,yg benar2 ‘pyur’ hny seorang ibu,ini benar2 ‘pergulatan’ bathin untuk menentukan sikap,ridho atw tdk melepas keberangkatan anak pertama pergi mencari UANG ‘n PENGALAMAN (sebelumnya dia sdh bekerja bgtu lulus kul,tgl 1 jul 2011 ditrm krj dislh 1 pershn besar milik Eka Tjipta diwilayah Tangerang,salarynya klw buat yg msh bujangan Alhmdlh,menurut ukuran kacamata ibu RT spt aku ). BTW…balik lg kemasalah perang bathin seorg ibu….berhari2 aku ‘galau’ hrs memutuskan sikap,sdgkan anakku mau mengambil keputusan ‘OK’ berangkat,klw sdh ‘mengantongi’ ridho dr aku. Khabar anakku diterima di O&G bln Nov-Des ’11. Bisa bayangkan Feb ’12 berangkat ( 1 1/2 bln buat persiapan2 dll),sdg bathin trs dag dig dug wlwpun ditenang2in g ‘mempan’ jg (manusiawi !). Malam aq ‘pepet’ dg tahajjud,istigharoh,witir. Pagi aq ‘pepet’ dg dhuha + sholat wajib ‘n sunahnya,’n amalan2 baik lainnya. ALLOH dulu,ALLOH lg,ALLOH trs, Alhamdulillah…sdh aq coba praktekkan bareng anakku ! Hgga akhirnya akupun mantap pd keputusanku ‘OK’ nak…budhalo/berangkatlah mama ridho,semangatmu gak berhak mama ‘putus’ sebaik2 manusia adalah yg bermanfaat bwt org lain (aku berharap tdk meninggalkan anak2 dlm keadaan yg ‘lemah’…terutama lemah agamanya dll,intinya tdk ‘lemah’ urusan dunia ‘n akhiratnya,amiiin ! ;-)). Pernah wkt aku menyendiri…aku ingat seorg teman lama yg sdh lama krj di CONOCO (Alhmdlh…Alloh menghub kembali tali silaturohim kami !) Lama sdh tdk bertemu,akhirnya dgn sedikit malu aku dtgi rmhnya,hny buat memantapkan hatiku sbg ibu utk tny lbh bny bgmn sih krj di O&G,dr soal mkn dll (makan tetap aku perhatiin…pdhal sdh jls smw dijamin,tp ayo ae tny soal maeme,heee…hati seorg emak ky aku y bgni ! ) sedetail2nya smw aku tnykan k yg sdh senior krj di O&G. Klw sdh ada gambaran aku kan g takut lg…yah takut sih msh ada pst,lumrah bathin ibu bohong klw g takut (manusiawi…tetep euy ! ;-)) Alhmdl,aku bsa lgsung bertemu beliau krn bertepatan wktnya dia libur 2 mggu dirmh,2 mggu offshore. Ternyata setlh aku crtkan/sharing kebeliau mslh anakku diterima di O&G jwban beliau semakin memantapkan hatiku,kta beliau “NO PROBLEMO’ ambil ‘n berangkat saja,mumpung msh muda ‘n belum berkelg,jgn ragu….BISMILLAH ! Mosok wong lanang koq wedhi merantau (artinya bgni : masa anak laki koq takut merantau…pdhal beliau org Sunda asli,tp bhs jawanya wis ‘fasih’ maybe lingkungan krjnya disamping org bule wong jowone yo akeh…kaleee ! ). Mslahnya BKN pd anak laki atau perempuan,BERANI atw TIDAKnya,anakku CUMA mengharap ridho ORTU ae yg g kunjung turun dri aku ‘n bpknya kmrn ! Berhub baru pertama kali ini mau melepas anak bekerja jauh,biasanya jum’at sore plg krj lgsung plg nengok ortu ‘n adiknya,sbtu-mggu ada dirmh,skrg aku hrs lupakan itu,Insy 6 bln baru kumpul lg dg kelg di Ind. Perjalanan k Timur tengah dgn 3x ganti pesawat ‘n 1x jln darat menuju lokasi krj…enjoy aja,cz jln daratnya pake mobil perushn MARCEDEZ BENZ yg matic,ngebut dg kecptan 100 an,wis g opo2 nak…itulah perjalanan hdp yg hrs kau lalui,yg penting jg ketahanan phisik ‘n sht trzzzz,Amin ! Aku merasakan,ternyata walaupun org lain bangga krj di O&G (g muna aq sbg ortu jg bahagia) tp sbg org tua ada sisi lain yg benar2 sulit mengambil keputusan untuk melepas anak krj dit4 jauh,salary jd bkn focus utama,wlwpun itu jg perlu,tp hati…berat Nak awalnya ! Alhmdlh…dgn adanya alat komunikasi yg semakin canggih…anak seolah2 dkt trs dgn ortu (bkn lebay lho…ini beneran ! Thx to Alloh yg sdh meciptakan otak manusia lbh canggih,amiin3x.. Allohumma’amin !) Subhanalloh…dr sharing bersama tmn yg krj di CONOCO aku jd dpt bocoran salarynya beliau lgsung dri dia….ksh tau g ya…jd ketularan gaya Syahrini ngomong,nehhh…he…! Beliau 2 minggu stay di rmh ‘n 2 minggu Offshore dgn salary 40 jeti….kaget ? Semoga tdk y…(tp aku kaget…’n than biasa aja…cz ‘takut’ ora barokah,bkn apa2…secara aku cuma ibu rmh tgga biasa,berat diberi ‘amanah’…apalagi membimbing ke 2 anakku,skrg tggal adiknya yg sdh kls 12,Insy semangat kakaknya menjadi contoh buat adiknya,Amiiin ! ) Dari cerita aku diatas,semoga adik2 bisa ambil sisi positifnya ya…bhw ridho dari ortu penting,sepintar apapun bisa cari duit pe nominal tak berbatas,libatkan ortu…minta doanya,okz ! Kembali ke laptop….yuk “SENYUM” agar dunia lbh bersahabat dgnmu….ALLOHpun ridho ! ;-) ;-) ;-)

  • Ericsen

    Tolong Informasi daftar gaji Fresh Graduate D3 nya mas bro,,,Thanks before

pestilence439
lovelock506 voltigeur296 fiance206 pecunious261 hyperphysical624 printer549 earnestness679